Pembukaan PKP Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Lumar

Pembukaan kegiatan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran ( PKP ) berbasis zonasi untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) Tingkat SMP dilaksanakan di SMPN 1 Lumar pada tanggal 21 September 2019. Acara dibuka oleh bapak Harun, S.Pd, M.Pd, selaku narasumber sekaligus perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang.
Kegiatan PKP ini diikuti oleh 19 orang guru mata pelajaran IPA untuk zonasi Kec. Lumar, Ledo, Sanggau Ledo, Seluas, Jagoi Babang, Siding dan Tujuh Belas.
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher OrderThinking Skills/HOTS). Program PKP dilaksanakn dengan Berbasis Zonasi yang dirancang dalam bentuk pelatihan berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti yang masing-masing memiliki pola 60 Jam Pelajaran (JP), dan Pelatihan Guru Sasaran dengan pola 82 JP. Program PKP Berbasis Zonasi ini diharapkan dapat menghidupkan dan menggairahkan kegiatan-kegiatan komunitas dengan lebih bersemangat. Melalui MGMP pemerataan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia diharapkan dapat segera tercapai.