Visitasi Akreditasi SMP Negeri 1 Lumar Tahun 2023

Visitasi Akreditasi SMP Negeri 1 Lumar dilaksanakan pada tanggal 6 -  7 Oktober 2023. Bertindak selaku Asesor adalah Drs. Titus Pramana, M.Pd dan Agus Mulyadi, S.Pd. Kegiatan visitasi berlangsung selama dua hari yaitu Jumat dan Sabtu. Kegiatan ini dibuka langsung oleh  pengawas pembina SMP yaitu Edy Sirait, M.Pd. 

Kegiatan hari pertama diawali dengan penyambutan asesor dan senam sehat di lapangan olahraga SMP Negeri 1 Lumar. Setelah itu dilanjutkan dengan acara pembukaan visitasi akreditasi. Pada hari pertama, asesor melakukan wawancara dengan komite sekolah dan perwakilan orang tua siswa. Setelah itu dilanjutkan dengan observasi kelas untuk mapel Bahasa Inggris di kelas 9A dan IPA di kelas 7B. Guru yang diobservasi adalah Mikael, S.Pd dan Wery Andery, S.Pd, Gr. Kegiatan selanjutnya adalah interview dengan tiga perwakilan siswa dan mengisi survei angket akreditasi. Sebanyak 30 siswa dilibatkan dalam pengisian angket akreditasi. Setelah Ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan wawancara guru dan tenaga kependidikan terkait 4 komponen akreditasi yaitu Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran, Mutu Guru dan Manajemen Sekolah. 

Visitasi Akreditasi berlanjut pada hari kedua. Secara umum asesor melakukan interview lanjutan terkait dua komponen yang masih tertunda di hari pertama yaitu komponen Mutu Guru dan Manajemen Sekolah. Setelah makan siang, Asesor melanjutkan agenda akreditasi yaitu observasi lingkungan dan diakhiri dengan acara penutup.

Visitasi Akreditasi SMP Negeri 1 Lumar tidak hanya untuk mengukur kinerja sekolah namun juga memberikan banyak pelajaran berharga bagi warga sekolah. Dengan adanya saran dan masukan dari asesor, warga sekolah siap berbenah diri untuk membangun kualitas pendidikan di SMP Negeri 1 Lumar sejalan dengan visi dan misi sekolah dan standar nasional pendidikan yang dicanangkan pemerintah. Semoga SMP Negeri 1 Lumar bisa kembali mendapatkan hasil terbaik dengan predikat maksimal seperti tahun sebelumnya yaitu terakreditasi A.  Semoga saja!





















Post a Comment

0 Comments