Guru SMP Negeri 1 Lumar Berpartisipasi Aktif dalam Kegiatan Indonesia Cakap Literasi (ICL)

 


Smpn1-lumar.sch.id - Guru SMP Negeri 1 Lumar Berpartisipasi Aktif dalam Kegiatan Indonesia Cakap Literasi (ICL) yang digelar oleh Forum Indonesia Menulis (FIM) di Aula Gedung SMPN 1 Bengkayang, Senin (23/1/2023).

Dalam rangka penguatan literasi dan karakter, Program Organisasi Penggerak (POP) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang menggelar acara tahunan dengan tema Indonesia Cakap Literasi (ICL). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan ketiga yang pernah diluncurkan oleh POP. Dua tahun sebelumnya, POP bekerja sama dengan DISDIKBUD kabupaten telah menyelenggarakan gerakan Wisata Literasi Guru (WLG) dan Sekolah Literasi Nasional (SLN).

Program Organisasi Penggerak (POP) menjadi program yang mewadahi kolaborasi  pemerintah dengan organisasi-organisasi masyarakat yang selama ini memiliki program kontributif dalam dunia Pendidikan. Singkatnya, program ini merupakan upaya gotong royong dalam dunia Pendidikan dengan melibatkan ormas. Adapun salah satu ormas yang berperan aktif dalam pengembangan literasi adalah Forum Indonesia Menulis (FIM).

FIM berkolaborasi dengan Disdikbud Kabupaten Bengkayang untuk memberikan bimbingan teknis dan pelatihan intensif kepada guru-guru di Kabupaten Bengkayang untuk mengasah kemampuan menulis. Guru-guru di kabupaten Bengkayang dituntut untuk mampu menghasilkan sumber literasi yang bisa diterbitkan menjadi buku. Buku itu akan digunakan peserta didik sebagai bahan literasi di sekolah.

Kegiatan ICL di Kabupaten Bengkayang berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 23-24 Januari 2023, bertempat di Aula SMP Negeri 1 Bengkayang. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang Heru Pujiono. Dalam kata sambutanya, Heru berpesan agar seluruh peserta sasaran intervensi POP dalam acara ICL agar mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan antusiasme tinggi. Mengingat guru adalah ujung tombak literasi disekolah.

Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Lumar juga dilibatkan dalam agenda ICL. Sebanyak 5 guru dan 1 kepala sekolah ikut serta dalam bimtek yang diselenggarakan oleh FIM. Diantaranya kepala sekolah Fransiskus Karsudianto, M.Pd, guru Agama Katholik Laurensius Leba, S.Ag, Guru Seni Budaya Laris LB Raja, S.PAK, guru IPA Wery Andery, S.Pd, Gr, Guru PKn Rusdiana, SH dan guru Bahasa Indonesia Wirda, S.Pd.

“Program ini diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan guru-guru yang sudah terdaftar sebagai sasaran peserta intervensi POP. Program ini berupaya untuk memajukan literasi dalam dunia Pendidikan dengan prinsip membudayakan literasi yang menyasar ke seluruh lingkungan sekolah” ungkap Fakhrul selaku Direktur FIM.

Menurut Frans, kepala SMPN 1 Lumar, kegiatan ICL sangat postif dan bermanfaat. Guru dan kepala sekolah diberikan ilmu tentang dunia jurnalistik dan tata cara menulis cerpen. Menurutnya, ICL merupakan sebuah pengalaman berharga yang bisa mendorong guru dan warga sekolah untuk menghasilkan karya berupa tulisan maupun buku. Frans bahkan menambahkan bahwa ia akan meneruskan program ini di sekolahnya sebagai bentuk Rencana Tindak Lanjut (RTL) dengan meluncurkan program Perpustakaan Digital di website SMPN 1 Lumar.

Jadwal pertemuan POP akan kembali dilanjutkan dipertemuan selanjutnya yaitu pertemuan 3-4 tanggal 6-7 Februari 2023. Acara puncak akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2023 di kota Pontianak dengan melibatkan semua guru sasaran intervensi POP.

Editor: Frans Kars

 

 

 

 


Post a Comment

1 Comments